MANUSIA & CINTA KASIH

Thursday, April 25th, 2013

1. MAKNA CINTA & KASIH SAYANG

Manusia pada dasarnya diciptakan sebagai makhluk sosial, karenanya seorang manusia tidak bisa hidup sendiri. Didalam cara hidup sosial tersebut terdapat interaksi-interaksi yang terjadi antara seorang manusia dengan manusia lainnya. Berbagai interaksi yang dilakukan akan membuat seorang manusia menciptakan berbagai macam perasaaan dari dalam diri kepada manusia lainnya, salah satunya adalah perasaan Cinta atau Kasih Sayang.

Kata Cinta atau Kasih Sayang itu mengandung pengertian yang sangat luas. Dan yang pasti setiap insan manusia perlu tahu dan mengerti apa makna yang sebenarnya, sekaligus memilikinya di dalam sanubari. Seseorang akan terlanda kekeringan jiwa jika hidup tanpa memiliki cinta maupun kasih sayang. Apapun yang terjadi, seorang akan selalu ingin dicintai sekaligus mencintai orang lain. Dari pertama kali lahir di dunia sampai ajal menjemput.

Cinta atau kasih sayang juga bisa diartikan sebagai suatu  suatu sikap saling menghormati dan mengasihi semua ciptaan Tuhan baik mahluk hidup maupun benda mati seperti menyayangi diri sendiri sendiri berlandaskan hati nurani yang luhur. Kita sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya untuk terus memupuk rasa kasih sayang terhadap orang lain tanpa membedakan saudara , suku, ras, golongan, warna kulit, kedudukan sosial, jenis kelamin, dan tua atau muda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai kasih sayang antara lain:

  • —Kasih sayang mestilah utuh, karena jika berkurang satu unsurnya, akan melemahkannya.
  • —Kasih sayang bisa dirasakan oleh siapa pun, tidak terbatas usia, ras, golongan, agama, maupun jenis kelamin.
  • —Kasih sayang merupakan bagian dari hidup manusia.
  • —Kasih sayang berlebih bisa memberikan pengaruh negatif, dan cenderung memanjakan.
  • —Kurangnya kasih sayang juga bisa memberikan pengaruh buruk.

—Oleh karenanya, semestinya manusia saling kasih dan saling sayang baik dengan sesamanya maupun dengan lingkungannya.

Dalam sebuah ikatan cinta/kasih antar sepasang manusia, diperlukan adanya faktor-faktor yang menjadi pendukung keberhasilan ikatan tersebut. Faktor-faktor tersebut antara lain:

Tanggung Jawab

Setiap manusia bertanggung jawab atas tindakannya sendiri, namun dalam sebuah ikatan, setiap tindakan akan menjadi tanggung jawab bersama pasangan. Oleh karenanya, bijaklah dalam bertindak dalam sebuah ikatan karena konsekuensi tindakan dalam sebuah hubungan akan lebih besar dibanding seseorang yang tidak memiliki sebuah keterikatan.

Pengorbanan

Dalam menjalani sebuah ikatan diperlukan adanya tindakan yang mesti dilakukan salah satu pihak walaupun sebenarnya tindakan tersebut bertentangan atau tidak disetujui oleh diri sendiri, hal ini disebut dengan pengorbanan. Pengorbanan butuh dilakukan demi kelancaran sebuah hubungan.

Kejujuran

Kejujuran dibutuhkan tidak hanya ketika seorang manusia menjalani sebuah hubungan melainkan dalam kehidupan sehari-hari.

Saling percaya

Sebuah ikatan tidak akan berhasil jika salah satu pihak memendam keraguan pada pasangannya, hal inilah yang membuat rasa saling percaya sangat dibutuhkan.

Saling pengertian

Tindakan pengorbanan berjalan berdampingan dengan rasa saling pengertian dalam sebuah hubungan. Saling pengertian akan membuat seorang manusia tidak menjadi egois, mau menang sendiri, dan memaksakan kehendak sendiri.

Saling terbuka

Memendam perasaan cemburu, marah, ataupun lainnya akan membuat sebuah hubungan menjadi tidak serasi. Saling terbuka terhadap pasangan adalah hal baik yang bisa dilakukan agar masing-masing pihak bisa instrospeksi diri dan lebih mengerti pasangannya.

2.  LINGKARAN CINTA & KASIH SAYANG

Keluarga

Keluarga selalu menjadi pendukung terbesar dalam kehidupan seorang manusia bahkan saat dirinya dalam kondisi terburuk sekalipun, maka pantaslah jika kecintaan terhadap keluarga harus menjadi prioritas utama.

Kemesraan 

Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau akrab. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih antar manusia dengan manusia yang lain.

Pemujaan

Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya.

Belas Kasih

Dalam cinta juga dikenal istilah belas kasih, karena cinta disini bukan karena cakapnya, kayanya, cantiknya, pandainya, melainkan karena penderitaanya. Penderitaan ini mengandung arti luas. Mungkin tua, sakit-sakitan, yatim piatu, penyakit yang dideritanya, dan sebagainya. Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berakhlak, manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi belas kasihnya itu.

Cinta Kasih Erotis 

Rasa cinta atau kasih sayang yang bersumber dari nafsu (birahi) merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang sesunguhnya. Bilamana seseorang melakukan hubungan erotis tanpa didasari rasa cinta, di dalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang.

Namun bisa juga erotis disini bukan berarti nafsu semata. Cinta kasih erotis yaitu cinta sebenar-benarnya cinta terhadap individu-individu atau pasangan tertentu dalam mencapai suatu tujuan hidup/ kebahagiaan. Erotis dipandangan umum berarti sebuah gerakan-gerakan yang memicu terjadinya kegiatan berbau seksual. Tapi dalam hal ini cinta kasih erotis adalah keinginan untuk mencapai suatu tujuan hidup yang sebenarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: