MANUSIA & PENDERITAAN

Thursday, April 25th, 2013

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya  menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir atau batin atau lahir dan batin. Penderitaan termasuk realitas manusia dan dunia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat, ada yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa  yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit kembali bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.

Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awak untuk mencapai kebahagiaan.

Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan resiko hidup. Penderitaan diberikan pada manusia sebagai pengingat agar manusia sadar untuk tidak selalu berlebihan saat mendapatkan kebahagiaan.

Siksaan

Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani ,dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rokhani .Akibat yang ditimbulkan dari siksaan timbulah penderitaan . Siksaan yang sifatnya psikis antara lain adalah kebimbangan , kesepian ,dan ketakutan .

Rasa Sakit

Rasa sakit bisa dialami oleh seorang manusia baik secara fisik maupun psikis. Manusia pada dasarnya diciptakan untuk lebih mampu menangani rasa sakit yang bersifat fisik, seperti rasa sakit yang dihasilkan luka akibat sebuah kecelakaan. Penderitaan akibat rasa sakit yang bersifat psikis seperti sakit hati, justru akan lebih membuat seorang manusia menjadi lebih lemah karena efeknya berlarut-larut.

Neraka

Kalau melihat dari sudut pandang Agama, penderitaan sesungguhnya setiap manusia adalah saat mereka berada di Neraka. Setiap manusia mengawali hidupnya dengan terlahir sebagai makhluk yang suci dan bersih, namun seiring bertambah usianya banyak hal-hal buruk yang dilakukannya, tindakan ini akan berakibat lahirnya dosa. Semakin banyaknya dosa yang dikumpulkan seseorang, semakin besar penderitaan yang akan mereka hadapi di Neraka setelah mereka mati.

Penderitaan Dalam Kisah Hidup Orang Lain

Manusia memiliki sebuah perasaan yang disebut empati. Perasaan ini akan timbul disaat mereka melihat hidup orang lain yang sangat jauh lebih sulit dari hidupnya. Hanya manusia yang memiliki kerendahan hati yang bisa merasakan empati begitu besar yang mengakibatkan penderitaan bagi diri mereka sendiri terhadap hidup orang lain.

Sumber Penderitaan

Secara garis besar ada dua faktor yang bisa menjadi sumber terjadinya penderitaan, yaitu:

  • Penderitaan yang terjadi karena perbuatan manusia

Biasanya ini terjadi akibat perbuatan buruk yang diterima dari orang lain atau juga dilakukan kepada orang lain. Penderitaan karena perbuatan manusia bisa bersifat langsung maupun tidak langsung. Contoh penderitaan yang bersifat langsung adalah dianiaya/menganiaya orang lain. Sedang yang bersifat tidak langsung seperti tindakan membuang sampah sembarangan di sungai, yang berdampak pada lingkungan dan kemudian menyebabkan banjir yang menenggelamkan perumahan warga.

  • Penderitaan yang timbul karena kehendak Tuhan

Penderitaan juga dapat terjadi karena penyakit, siksaan / azab dari Tuhan. Perbuatan buruk yang dilakukan terhadap orang lain juga bisa menjadi sebab Tuhan memberikan penderitaan terhadap orang tersebut, ini biasanya disebut karma. Kesabaran, tawakal dan optimisme merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan tersebut.

Upaya Menghindari Penderitaan

Walaupun banyak sebab yang bisa mengakibatkan penderitaan bagi seorang manusia, namun bisa dilakukan upaya-upaya untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir penderitaan yang didapat. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, sebagai contoh mudah adalah berbuat baik kepada orang lain, rajin berdoa dan memohon ampun kepada Tuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: