MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BEBAS

Thursday, April 25th, 2013

Tuhan menciptakan manusia dengan segala kelebihan-kelebihan yang membuat manusia menjadi makhluk ciptaan-Nya yang paling mulia.  Diantara kelebihan-kelebihan tersebut adalah kemampuan untuk berpikir dan juga hasrat.

Hampir seluruh umat manusia saat ini hidup ditengah-tengah kehidupan beradab yang dibatasi oleh aturan-aturan atau norma-norma yang ‘harus’ ditaati, namun pada dasarnya setiap manusia adalah makhluk yang bebas. Dengan kemampuan pikiran dan didorong oleh hasratnya, seorang manusia bisa menjadi dan melakukan apa saja sesuai kehendaknya. Seorang manusia tidak harus memiliki keterikatan terhadap sesuatu yang bersifat sosial. Manusia bebas memilih jalan hidupnya sendiri. Justru pengaruh-pengaruh sosial yang seringkali menjadi penghalang bagi seorang manusia memenuhi jalan hidup pilihannya.

Seperti contoh, Budi tinggal di lingkungan sosial perkotaan dan sangat ingin menjadi seorang petualang. Hal itu akan sulit diwujudkannya karena dilingkungan dimana hampir setiap orang berprofesi sebagai pekerja kantoran yang sangat sibuk, menjadi seorang petualang hanyalah impian belaka yang membuang-buang waktu, akibatnya Budi tidak akan mendapat dukungan dalam mewujudkan keinginannya tersebut dan malah mendapat cibiran. Dan seiring berjalannya waktu Budi terpengaruh oleh lingkungan sosialnya dan pada akhirnya ia juga mau tidak mau harus menjalani hidup dengan berprofesi sebagai pekerja kantoran dan mengubur dalam-dalam impiannya menjadi seorang petualang.

Namun demikian seperti yang dijelaskan diawal tadi, manusia memiliki kemampuan berpikir. Gunakanlah kemampuan tersebut sebaik mungkin untuk memenuhi hasrat atau keinginan untuk membentuk jalan hidup sendiri. Jangan biarkan orang lain atau lingkungan menginterfensi usaha untuk mewujudkan keinginan. Dalam melakukan hal apapun termasuk dalam usaha mewujudkan keinginan; ketekunan, kesabaran, dan doa adalah kuncinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: